Tanggal Hari Ini : 22 Nov 2017 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
Prospek Bisnis Kerajinan Sangat Cerah di Indonesia
Kamis, 12 Mei 2011 19:50 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

Indonesia adalah gudangnya hasil kerajinan, namun aspek pemasaran menjadi titik terlemah yang dialami oleh para pengrajin Indonesia. Karena itu, pemerintah memiliki peran yang besar dalam memberikan aspek pemasaran ini kepada produk-produk kerajinan Indonesia, terutama produk lokal, misalnya dengan memberikan dukungan khusus bagi pemasaran bersama di lokasi wisata atau di pusat-pusat perdagangan yang memiliki banyak pengunjungnya.

Namun kerajinan yang dipasarkan tersebut harus memiliki aspek keunikan yang tinggi dan benar-benar bercorak sangat khusus. Di sini aspek penting lain itu per dukungan yang besar.

Apa yang dialami Wien K Adriaan, dengan memulai bisnis fashion bercorak kerajinan tangan merupakan sebuah keunggulan yang ia miliki. Pasarnya kian melebar bukan saja di pasar domestik, tetapi juga pasar luar negeri. Dukungan lain biasanya soal aspek permodalan, namun jangan memanjakan usaha mikro dan kecil dengan mengiming-imingi modal, tetapi lecut dengan kreatifitas produk dan pemasaran.

Wien telah membuktikan bahwa kreasi dan kreatifitas serta inovasi yang terus menerus, serta upayanya untuk menciptakan pasar-pasar baru, dengan memanfaatkan bahan baku berupa limbah industry yang ramah lingkungan, menjadikan produk-produknya disukai pasar. Produknya laku, uangpun ditangan. Tanpa harus merengek-rengek perlu dukungan modal bukan?

Indonesia memiliki banyak tempat wisata, mall, tempat hiburan keluarga, hingga hotel -hotel dan restaurant. Sangat mungkin produk-produk tersebut menjadi oleh-oleh yang sangat khas bagi para wisatawan yang telah datang ke Indonesia, dengan harga cinderamata yang terjangkau.

Kita berharap akan lahir para kreator-kreator baru yang mampu mengolah bahan-bahan baku khas Indonesia menjadi produk-produk yang bernilai ekonomis tinggi, bisa saja produk-produk tersebut dalam bentuk fashion, handycaft, atau mungkin produk-produk kuliner. Kita tahu, jika ekonomi mikro yang digerakkan pengusaha mikro dan kecil ini bergerak secara simultan dan berkelanjutan, ia akan mampu memberikan pekerjan bagi jutaan manusia Indonesia, dan penghasilan yang mampu memperkokoh ekonomi di skala mikro, skala paling kecil, yaitu keluarga-keluarga yang biasanya tinggal di pedesaan atau dipinggiran kota. 

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari