Tanggal Hari Ini : 22 Sep 2017 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
Mencari Pekerjaan Atau Menciptakan Pekerjaan
Kamis, 20 Oktober 2011 10:40 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

Ini sebuah peringatan bagi para lulusan perguruan tinggi, agar mampu menciptakan pekerjaan sendiri, di tengah kondisi pengangguran yang semakin terus bertambah. Berdasarkan sumber yang dilansir Majalah Wirausaha dan Keuangan, angka pengangguran di Indonesia pada tahun 2010 diperkirakan mencapai 23 juta orang atau 10 persen dari jumlah penduduk Indonesia sebanyak 237 juta orang.  Sebuah angka pengangguran yang sangat besar. 

Kesadaran untuk membuka lapangan kerja sendiri, khususnya bagi para lulusan sarjana baru dari berbagai perguruan tinggi penting karena pertumbuhan ekonomi Indonesia yang hanya berkisar  5,5 persen dinilai tidak akan mampu menyerap tenaga kerja di usia produktif secara maksimal.

Selain itu, Indonesia oleh beberapa kalangan saat ini disebut-sebut  sedang mengalami blunder ekonomi, dimana perhatian negara terhadap upaya mengatasi pengangguran dipandang tidak berjalan secara optimal, terlebih perhatian terhadap perkembangan usaha mikro, kecil dan menengah tidak berjalan semestinya. Indikasinya, support terhadap perkembangan UKM di Indonesia belum memadai, infrastruktur untuk menciptakan daya saing juga masih rendah.

Dukungan paling penting yang dapat dilakukan oleh negara adalah menjadi dinamisator  sekaligus memberikan peluang-peluang kewirausahaan bagi generasi muda melalui penciptaan nilai tambah dari produk-produk yang memiliki basis bahan baku unggulan Indonesia.

Universitas dan sekolah-sekolah harus didorong menjadi lembaga yang tidak melahirkan pengguran-pengguran baru, tetapi harus mampu melahirkan lulusan yang berwawasan kewirausahaan sehingga mampu menciptakan peluang kerja sendiri.

Berdasarkan kajian Sri Hartini, melalui kajian SERI (Social Economic Research Indonesia) dukungan negara dalam upaya menciptakan lapangan kerja mandiri bagi masyarakat, khususnya para lulusan perguruan tinggi sangat penting dan diperlukan karena upaya ini akan mampu menyerap angkatan kerja yang tersedia secara signifikan. 

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari