Tanggal Hari Ini : 22 Nov 2017 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
Semakin Mudah Menggunakan Jasa Pegadaian
Rabu, 15 Agustus 2012 11:59 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

Salman (38), pengusaha mikro yang menggeluti usaha konveksi asal Jakarta adalah salah satu dari jutaan pengusaha mikro di Indonesia yang menggunakan jasa keuangan yang disediakan oleh Pegadaian.

Sebagai pengusaha konveksi ia kerap menerima pesanan pekerjaan berupa pembuatan seragam kantor, seragam sekolah, seragam senam bagi kelompok PKK, hingga seragam busana muslim bagi kelompok pengajian ibu-ibu  ibu di daerah sekitar Jabotabek.

Di saat order sedang banyak-banyaknya, modal menjadi masalah bagi Salman. Modal itu digunakan untuk membeli bahan baku dalam jumlah relatif lebih banyak dari biasanya. Namun hal yang biasa terjadi itu sudah bisa diatasi oleh Salman.  Selain menggunakan modal cadangan berupa tabungan, Salman kerap ‘menyekolahkan’ tabungan lain berupa emas perhiasan miliknya. Jika masih belum cukup ia juga tak segan-segan ‘menyekolahkan’ surat Buku Pemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) untuk ‘menginap’ di Pegadaian.  

Alasan Salman menjadikan Pegadaian sebagai rujukan pertama mendapatkan modal sangat sederhana. Cara memperoleh pinjaman cepat, pelayanannya cepat, prosesnya mudah,dan  tidak berbelit-belit. Kecepatan untuk mendapatkan modal, menurut Salman sangat penting. Karena jika terlambat, orderpun tidak dapat diselesaikan tepat waktu, yang akan berpengaruh terhadap kelangsungan dan reputasi usahanya.

Bagi Direktur Bisnis I, PT Pegadaian (Persero), Moch. Edy Prayitno, cerita di atas sudah berulangkali ia dengar. Jutaan masyarakat Indonensia, khususnya para pengusaha mikro, kecil dan menengah (UKM) banyak yang menjadikan Pegadaian sebagai ‘sahabatnya’ sehari-hari dalam mengembangkan usaha.  

Menurut  Moch. Edy Prayitno,  Pegadaian dari dulu sudah fokus melayani jasa keuangan ke para UKM-UKM, dengan memberikan layanan kredit gadai dan fiducia. Namun sekarang layanannya kian bertambah. Pilihannya juga semakin banyak.

Para pengusaha UKM bisa mendapatkan pinjaman modal hanya dengan menyerahkan surat BPKB kendaraan bermotor. Pengembalian pinjaman dilakukan dengan cara dicicil dalam jangka waktu tertentu. Dengan cara ini kendaraan yang biasanya digunakan untuk operasional perusahaan masih tetap bisa dipakai untuk kerja sehingga asset berupa kendaraan yang dimiliki tetap produktif. 

Menurut Moch. Edy Prayito,  Pegadaian kini telah memiliki 5 bisnis yang menjadi andalan Pegadaian. Lima bisnis tersebut antara lain ; bisnis gadai konvensional, bisnis syariah, bisnis kredit usaha mikro dan kecil, bisnis emas,  serta payment business dan lainnya.

Kelima bisnis tersebut memiliki kaitan yang erat dan saling mendukung satu sama lain,dan merupakan upaya Pegadaian untuk mengembangkan diri lebih luas dan dapat diterima di semua lapisan masyarakat.

Di outlet-outlet Pegadaian kini bahkan sudah melayani berbagai pembayaran rekening listrik/PLN, rekening telepon (Telkom), pembayaran rekening tagihan Speedy, serta melayani pembayaran pulsa dan tagihan Flexy yang biasanya dilakukan di bank-bank atau di outlet pembayaran yang ditunjuk.

Pegadaian, menurut  Moch. Edy Prayitno,  melihat pasar jasa keuangan bagi pengusaha UKM di Indonesia sangat besar. Pegadaian berupaya menciptakan one stop business solution,  bagi masyarakat khususnya bagi pengusaha UKM.

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari