Tanggal Hari Ini : 22 Nov 2017 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
A-RAYA Tour And Travel Jalankan Bisnis dengan Kemitraan Mengembangkan Bisnis dengan Co Branding
Kamis, 03 Januari 2013 15:01 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

Oleh Lusy

 

Sebagai makhluk sosial, manusia tidak dapat dipisahkan dari komunitasnya dan setiap orang di dunia ini tidak ada yang dapat berdiri sendiri melakukan segala aktivitas untuk memenuhi kebutuhannya, tanpa bantuan orang lain. Secara alamiah, manusia melakukan interaksi dengan lingkungannya, baik sesama manusia maupun dengan makhluk hidup lainnya guna untuk menjadikan dirinya tetap bertahan dan bahkan dalam konteks bisnis mampu membuat dirinya bersaing dan bahkan mampu memenangkan persaingan yang dirasa semakin ketat.

Begitupun yang dilakukan oleh Nugroho Mulyono, pelaku Bisnis Biro Perjalanan Wisata dalam aktivitas menjalankan usaha. Arek Suroboyo yang lahir 36 tahun lalu ini meyakini bahwa dalam menjalankan bisnisnya, selalu membutuhkan kehadiran dan peran orang lain (pihak lain). Tidak ada seorang pengusaha atau wirausaha pun  yang sukses karena hasil kerja atau usahanya sendiri tanpa ada peran orang lain dibelakangnya.

 A-RAYA Tour And Travel, Mengembangkan Bisnis dengan Co Branding, salah satu bisnis yang menguntungkan dan merupakan suatu bisnis yang tidak pernah mati.

Kemitraan

Menjamurnya bisnis biro perjalanan wisata membuat para pelaku usaha di bidang ini termasuk dirinya, semakin sibuk bersaing memamerkan keunggulan, dan berusaha untuk senantiasa menggali inovasi-inovasi terbaru demi mendapatkan kepercayaan dari konsumen. Peningkatan standar ekonomi masyarakat juga mendorong terus berkembangnya bisnis ini. Hal ini semakin diperkuat dengan adanya kecenderungan bahwa hampir setiap orang semakin sering bepergian yang secara otomatis semakin tergantung dengan sebuah Biro Perjalanan Wisata.

Optimisme akan potensi bisnis ini kedepan sangat dirasakan oleh Nugroho sejak 2007, saat bisnis ini mulai dia bangun. Kini dengan memiliki 14 Kantor Perwakilan yang tersebar di beberapa kota di Indonesia mulai dari Batam, Jakarta, Blitar, Surabaya, Jember, Tenggarong dan Makassar serta lebih dari 100 member kemitraan yang dimiliki oleh A-RAYA Tour and Travel hanya dalam kurun waktu 5 tahun, menjadikannya semakin yakin bahwa metode Kemitraan yang dia jalankan untuk bisnis Biro Perjalanan Wisatanya dengan brand A-RAYA Tour and Travel ini merupakan bagian dari langkah strategis yang telah dilakukannya.

Bisnis kemitraan yang diyakini Nugroho merupakan strategi bisnis yang dilakukan oleh dua pihak atau lebih dalam jangka waktu tertentu untuk meraih keuntungan bersama dengan prinsip saling membutuhkan dan saling membesarkan. Karena merupakan strategi bisnis maka keberhasilan kemitraan sangat ditentukan oleh adanya kepatuhan diantara yang bermitra dalam menjalankan etika bisnis. Intinya kemitraan merupakan jalinan kerja sama usaha yang merupakan strategi bisnis yang dilakukan antara A-RAYA Tour and Travel dengan pihak lain dengan prinsip saling membutuhkan, saling memperbesar, dan saling menguntungkan.

Baginya, kemitraan itu merupakan suatu kegiatan saling menguntungkan dengan berbagai macam bentuk kerja sama dalam menghadapi dan memperkuat satu sama lainnya. Tujuan utama kemitraan adalah untuk mengembangkan pembangunan yang mandiri dan berkelanjutan dengan landasan dan struktur perekonomianyang kukuh dan berkeadilan dengan ekonomi rakyat sebagai tulang punggung utamanya.Sedangkan kemitraaan usaha adalah sebuah jalinan kerjasama usaha yang salinmenguntungkan antara pengusaha kecil dengan pengusaha menengah atau besar (perusahaan mitra) yang disertai dengan pembinaan dan pengembangan oleh pengusaha besar, sehingga saling memerlukan, menguntungkan, dan memperkuat usahanya.

Dengan menerapkan bisnis kemitraan, Nugroho berharap bisnis yang dia jalankan ini adalah salah satu bisnis yang menguntungkan dan merupakan suatu bisnis yang tidak pernah mati. Oleh karena itu A-RAYA Tour and Travel senantiasa terus berusaha merangkul semua pihak baik dalam konsep bisnis maupun sharing market berbentuk co-branding.

 

Co -Branding

Trend melakukan co-branding tidak hanya dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar

yang punya program marketing yang canggih saja. Perusahaan kecil dan menengah seperti A-RAYA Tour and Travel pun sudah sangat memahami pentingnya arti co-branding dalam pengembangan jaringan usaha nya.

Co-branding adalah strategi branding terhadap suatu produk atau jasa dengan melibatkan satu atau lebih nama merek. Kerja sama ini dapat memanfaatkan berbagai macam komponen dari merek yang ada. n Lusi

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari