Tanggal Hari Ini : 22 Oct 2018 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
RENGGINANG UBI
Kamis, 06 Februari 2014 11:25 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

Ubi kayu merupakan komoditi Indonesia yang terkenal sebagai sumber bahan utama karbohidrat yang menjadi sumber energi bagi tubuh. Beberapa daerah di Indonesia bahkan menjadikan ubi kayu sebagai makanan sehingga mendukung diversifikasi pangan yang dicanangkan oleh pemerintah. Diantara olahan pangan yang menggunakan bahan baku ubi kayu adalah rengginang ubi. Hal ini yang menjadikan Yatinah menghasilkan produk rengginang ubi dari usahanya yang terletak di Siak, Riau.

Tampilan rengginang ini juga sama dengan rengginang beras, namun berbahan dasar ubi kayu sehingga jauh lebih sehat dan juga sebagai alternatif pengganti beras ubi kayu didapatkan dengan harga yang lebih rendah daripada beras.

Produk ini merupakan makanan jenis rengginang yang berbahan baku dari ubi kayu. Meskipun hanya rengginang, ternyata pemasaran produk ini mampu menjangkau luar propinsi, bahkan juga mampu menembus pasar ekspor. Bagusnya produk dan merek dagangnya telah terdaftar.

Pembuatan produk ini cukup menarik. Singkong yang telah dikupas kemudian dicuci dan diparut hingga halus. Hasil parutan dimasukan kedalam bak untuk diambil acinya, proses ini dilakukan berulang-ulang agar mendapatkan aci yang lebih banyak. Selanjutnya air aci tersebut dibiarkan selama 4 jam kemudian air dipisahkan dari endapan aci. Hasil parutan dari singkong yang telah didapat kemudian dipres agar airnya berkurang. Proses selanjutnya dalam membuat rengginang ubi adalah pengukusan rengginang tadi dan penjemuran dalam cuaca panas kurang lebih 1 hari sehingga di hasilkan rengginang yang kering. Proses terakhir dalam membuat rengginang singkong adalah menggorengnya dalam minyak yang cukup dan suhu tinggi agar rengginang dapat mengembang.

Dari usaha yang sudah digeluti Yatinah selama lebih dari 5 tahun ini telah menghasilkan omset penjualan mencapai 144 juta pertahun dengan pertumbuhan profit hingga 20% tiap tahunnya. Selain itu dengan usahanya tersebut, Yatinah juga telah menghidupkan tambahan keuangan bagi ibu rumah tangga yang berada di sekitar lokasi didirikannya usaha tersebut.

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari