Tanggal Hari Ini : 22 Sep 2017 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
Beternak Puyuh Sendiri
Selasa, 24 Mei 2016 02:51 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

Burung Puyuh adalah jenis unggas yang peka dengan kebisingan. Meski pengelolaan budidayanya relative mudah, namun pemilihan lingkungan yang nyaman dan serta tidak bising merupakan syarat yang harus dapat dipenuhi untuk menghasilkan produksi yang optimal.

 

Bibit dan Kandang

Untuk memulai budidaya puyuh, perlu bibit puyuh yang siap untuk bertelur, dan menempatkannya dalam kandang. Kandang yang memenuhi syarat harus memperoleh sinar matahari yang cukup, tidak lembab, dan sirkulasi udaranya bagus, serta mudah dibersihkan.
Ada dua bentuk kandang puyuh, yaitu kandang indukan, yang diperuntukkan untuk puyuh yang berumur 1 hari hingga 3 minggu, serta kandang untuk puyuh dewasa yang telah berumur lebih dari 4 minggu.
Kandang indukan harus berada dalam kondisi yang hangat dengan cara menempatkan lampu sebagai pemanas. Untuk melihat suhu kandang indukan memenuhi syarat yang diperlukan bagi kehidupan puyuh dapat dilihat jika sebagian besar puyuh bergerombol di sekitar lampu pemanas berarti suhu kurang panas, demikian juga sebaliknya, jika puyuh banyak yang menjauhi lampu berarti suhu terlalu panas. Jika puyuh menyebar merata dan bergerak dinamis berarti suhu telah mencukupi dengan baik.
Kandang indukan dapat dibuat berupa kotak dengan ventilasi pada bagian sisi dan lantai diisi dengan sekam berukuran 100 x 100 cm dan tinggi 30 cm, yang dapat diisi dengan 100 ekor anakan puyuh.

Beternak Burung Puyuh, Budidaya burung puyuh, bisnis burung puyuh

 Telur Puyuh, Pasarnya Masih Menggiurkan.


 

Jika puyuh sudah berumur 3 minggu, maka puyuh dipindahkan ke kandang dewasa. Penting sebelumnya disiapkan kandang puyuh dewasa dengan baik agar produksi telur puyuh dapat lebih optimal. 

Kandang yang harus dipersiapkan berukuran 50 x 100 x 35 cm dan diberi kaki dengan tinggi 50 cm. kandang tersebut dapat diisi 30 hingga 50 ekor puyuh dewasa.
Sebaikanya kandang puyuh dewasa terbuat dari rangka kayu kaso, dinding dan lantai dari kawat ram yang memungkinkan kotoran dapat langsung jatuh ke tanah. Lantai kandang dibuat agak miring sehingga telur dapat langsung keluar dari penampungan telur. Penting untuk selalu menjaga kebersihan kandang, karena puyuh sangat peka dengan kondisi kandang yang buruk tidak nyaman.

 

Pakan Untuk Puyuh

Agar budidaya puyuh dapat memberikan hasil yang optimal, maka pakan puyuh harus diperhatikan sejak awal. Pakan dari produk pabrikan mudah diperoleh namun harganya cukup mahal. Langkah terbaik yang bisa dilakukan adalah meramu pakan puyuh sendiri, yang memiliki nilai gizi yang berasal dari potensi lokal yang ada di daerah sendiri.
Puyuh agar dapat berproduksi secara optimal memerlukan pakan dengan kandungan kalori sebesar 2700 kalori dengan kandungan protein sebanyak 22% per hari. Anda dapat membuat pakan Puyuh sendiri dengan kombinasi campuran dari konsentrat ayam petelur sebanyak 50 kg, dedak halus 15 kg, dan jagung halus 35 kg. Ketiga bahan tersebut dicampur secara merata.
Setiap puyuh petelur memerlukan 23 gram pakan perhari. Jadwal pemberian pakan tergantung dari bentuk kandag dan wadah pakan. Ada yang terbuat dari paralon, ada juga yang terbuat dari bamboo berada di depan kandang atau dibelakang kandang dengan jadwal pemberian 3x, ada yang 2x bahkan ada yang sekali saja. Perhatikan juga tempat minum dan jaga kebersihannya. 

 

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari