Tanggal Hari Ini : 22 Nov 2017 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
10 Soundtrack Film Terlaris Sepanjang Masa
Selasa, 24 Mei 2016 04:17 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

Sebuah film rasanya tak lengkap jika tidak dibumbui dengan secercah nada untuk mengiringi adegan-adegan dalam film. Lagu-lagu yang terkandung dalam sebuah film, atau sering disebut sebagai soundtrack, biasanya dibuat khusus agar terasa pas dengan adegan filmnya. Tak jarang, soundtrack film pun langsung akrab dan disukai oleh para penonton.
“Mayoritas soundtrack film klasik memang sangat laris. Ini memberikan 2 pelajaran, pertama film musikal lambat laun mulai kehilangan popularitasnya, dan kedua, pengaruh internet dalam menghambat kesuksesan industri musik,” ungkap Sudhir Syal, Co-founder dan Managing Director BookMyShow Indonesia. Berikut adalah 10 soundtrack film terlaris versi BookMyShow.

The Bodyguard (1992)
Estimasi penjualan : 37 juta copy
Posisi pertama dalam 10 soundtrack film terlaris sepanjang masa diambil oleh film tahun 1992, The Bodyguard. Film Amerika bergenre thriller romantis ini merupakan debut film dari penyanyi wanita legendaris wanita Whitney Houston. Tak hanya berakting, Whitney juga menyanyikan beberapa lagu soundtrack film arahan Mick Jackson ini yang akhirnya menjadi lagu populer darinya seperti I Will Always Love You, I’m Every Woman, I Have Nothing, Run to You, dan Queen of the Night. Album soundtrack The Bodyguard ini menjadi soundtrack terlaris sepanjang masa dengan estimasi penjualan sebanyak 37 juta copy.

10 Soundtrack Film Terlaris Sepanjang Masa, The Bodyguard, Saturday Night Fever, Dirty Dancing, Titanic, Grease, Purple Rain

Saturday Night Fever(1977)
Estimasi penjualan: 28 juta copy
Soundtrack film kedua terlaris sepanjang masa jatuh kepada soundtrack film tahun 1977, Saturday Night Fever, dengan estimasi penjualan sebanyak 28 juta copy. Film ini merupakan film tari Amerika yang dibintangi oleh aktor senior John Travolta. Salah satu lagu terkenal dalam soundtrack film ini adalah How Deep Is Your Love yang dinyanyikan oleh grup musik pop Bee Gees. Selain menjadi album terlaris sepanjang masa, album soundtrack ini juga memenangkan kategori Album of the Year di Grammy Awards ke-21.

Dirty Dancing (1987)
Estimasi penjualan: 28 juta copy
Baby dan Johnny dalam film Dirty Dancing duduk di posisi ketiga untuk soundtrack film terlaris sepanjang masa dengan estimasi penjualan sama dengan Saturday Night Fever yaitu sebanyak 28 juta copy. Soundtrack film drama romantis tahun 1987 ini bertahan di urutan pertama chart album sales Billboard 200 selama 18 minggu dan meraih multi-platinum. Album yang terkenal dengan lagunya (I’ve Had) The Time of My Life ini juga memiliki album lanjutan berjudul More Dirty Dancing.

Titanic (1997)
Estimasi penjualan: 28 juta copy
Masih sama dengan estimasi penjualan sebanyak 28 juta copy, posisi soundtrack film terlaris keempat ditempati oleh film ikonik yang dibintangi oleh Leonardo DiCaprio dan Kate Winslet, Titanic. Lagu tema film epic romantis berjudul My Heart Will Go On yang dinyanyikan oleh Celine Dion ini ditulis secara diam-diam oleh James Horner dan Will Jennings karena sutradara film James Cameron tidak mau ada lagu dengan nyanyian dalam filmnya itu. Namun akhirnya James pun setuju setelah memainkannya beberapa kali.

Grease (1978)
Estimasi penjualan: 26 juta copy
Posisi kelima dalam daftar 10 soundtrack film terlaris sepanjang masa diduduki oleh film musikal komedi romantis tahun 1978, Grease dengan estimasi penjualan sebanyak 26 juta copy. Album soundtrack film ini dirilis dua bulan setelah film resmi dirilis dengan menampilkan dua bintang utamanya John Travolta dan Olivia Newton-John sebagai tampilan depan covernya. Lagu paling sukses di dalam album ini adalah Grease dan You’re the One That I Want.

Purple Rain (1984)
Estimasi penjualan: 23 juta copy
Soundtrack film rock drama musikal Purple Rain menjual sebanyak kira-kira 23 juta copy dan menjadikan album soundtrack film ini sebagai soundtrack terlaris keenam sepanjang masa. Album soundtrack berjudul sama ini dirilis oleh label rekaman Warner Bros. Records. 8 dari 9 lagu dalam album film ini ditulis sendiri oleh produser album Prince.


Top Gun (1986)
Estimasi penjualan: 20 juta copy
Soundtrack film Top Gun yang dibintangi oleh Tom Cruise di tahun 1986 ini menempati urutan ketujuh dengan estimasi penjualan sebanyak 20 juta copy. Album rilisan label rekaman Columbia Records ini memenangkan banyak kategori dalam beberapa ajang penghargaan bergengsi seperti Oscar, BRIT Awards, Golden Globe Awards, dan Grammy Awards. Salah satu lagu yang memenangkan pengharagaan adalah Top Gun Anthem yang menyabet kategori Best Pop Instrumental Performance (Orchestra, Group, or Soloist) dalam Grammy Awards tahun 1987.


Forrest Gump (1994)
Estimasi penjualan: 19 juta copy
Posisi 8 dalam 10 soundtrack film terlaris sepanjang masa diraih oleh soundtrack film Forrest Gump dengan estimasi penjualan sebanyak 19 juta copy. Album ini disusun oleh pen-yusun dan konduktor Amerika Alan Sivestri yang juga menyusun lagu di film terkenal seperti Back to the Future (1985) dan film superhero Captain America: The First Avenger (2011) dan Marvel’s The Avengers (2012).

The Lion King (1994)
Estimasi penjualan: 15 juta copy
Di tahun yang sama 1994, soundtrack film animasi musikal produksi Walt Disney berhasil menempati posisi sembilan dengan estimasi penjualan sebanyak 15 juta copy. Lagu-lagu dalam album soundtrack film ini disusun oleh Elton John, Tim Rice, dan Hans Zimmer. Komposer dan penyanyi Inggris Elton John juga memenangkan kategori Best Original Song untuk lagunya Can You Feel the Love Tonight di Oscars 1995.

Footloose (1984)
Estimasi penjualan: 15 juta copy
Posisi terakhir dalam daftar 10 soundtrack film terlaris sepanjang masa ditempati oleh soundtrack film Footloose dengan estimasi penjualan yang sama dengan The Lion King yaitu sebanyak 15 juta copy. Soundtrack film drama musikal Amerika arahan Herbert Ross ini aslinya hanya terdiri dari 9 buah judul lagu, tetapi ditambahkan 4 buah judul sebagai bonus saat dirilis ulang tahun 1998. 

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari