Tanggal Hari Ini : 22 Nov 2017 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
Pengobatan Tradisional Dalam Bingkai Indutri Pariwisata China
Selasa, 24 Mei 2016 04:47 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

Dalam ilmu industri pariwisata, sebuah destinasi wisata yang indah saja belum cukup untuk menarik wisatawan datang. Ada berbagai aspek yang harus diperhatian, mulai dari akses transportasi, bandara yang langsung terhubung dengan lokasi tempat wisata, jalan yang mulus, hotel dan akomodasi yang memadai, restaurant berselera dan berstandar internasional, pusat oleh-oleh dan cindera mata yang khas, pusat hiburan, hingga berbagai sarana liburan lainnya.
Di Beijing China, pemerintah setempat telah mensyaratkan adanya keharusan bagi para wisatawan, terutama bagi wisatawan yang tergabung dalam grup/kelompok perjalanan wisata, terutama dari luar China. Para wisatawan grup tersebut wajib berkunjung ke salah satu Pusat Pengobatan Tradisional China yang sudah ditetapkan.
Elisabeth, seorang guide asal Beijing yang tergabung dalam asosiasi pekerja industri wisata China mengungkapkan, adalah keharusan bagi wisatawan untuk berkunjung ke pusat-pusat pengobatan China. Pusat pengobatan China merupa kan destinasi wajib, dan salah satu prioritas yang harus dikunjungi dalam program kunjungan wisata China. “Pusat Pengobatan China adalah paket yang harus dikunjungi,” ujarnya.
Memasuki Pusat Pengobatan China anda akan mendapatkan suguhan penjelasan berbagai macam obat dan manfaatnya, mulai dari aneka herbal dalam bentuk kapsul, hingga pijat refkleksi, totok syaraf, dan berbagai bentuk obat tradisional lainnya.

pengobatan tradisional china, industri pariwisata china, akupuntur, yin-yang

Suasana Pusat Pengobatan China di Beijing 


 

Jangan heran juga, jika anda datang ke tempat ini, anda akan mendapati ‘dokter-dokter’ alternative yang mendiagnosa penyakit tanpa perlu stetoskop, tetapi cukup hanya dengan memegang urat nadi, melihat mata dan lidah anda. Hal ini karena pengobatan China selalu menghubungkan kondisi kesehatan anda dengan berbagai teori tradisional seperti teori Yin-yang, teori Wu-xing, teori Jing-luo, teori organ Zang Fu, dan cara melihat aura pasien. Sebab, menurut mereka aura orang yang sedang sakit berbeda dengan aura orang sehat. Teknik yang terakhir ini tidak sembarang orang bisa melakukan karena butuh bakat khusus dan terlatih.
Berbagai pengobatan tradisional khas China seperti teknik akupuntur, yang menggunakan jarum khusus yang ditusukkan ke titik-titik tertentu di bagian tubuh, dan penggunaan cerutu dari campuran herbal berupa tanaman dan rumput obat, merupakan beberapa teknik penyembuhan penyakit ala China ini yang banyak ditawarkan di pusat-pusat pengobatan China.
Selain pengobatan secara teknis, pusat pengobatan ini juga menyediakan aneka jamu atau ramuan. Ramuan-ramuan yang ditawarkannya pun, biasanya beragam ada yang berupa pil, kapsul, berbentuk cairan, bahkan ada yang masih berupa rempah-rempah yang harus direbus dahulu.
Namun jangan terperangah jika harga paket pengobatan dan harga obat herbal di pusat-pusat pengobatan China tersebut cukup mahal, karena menurut pengakuannya bahan baku ramuan-ramuan khas China kini semakin langka dan susah diperoleh, bahkan beberapa bahan harus didatangkan dari dataran tinggi atau negara tetangga.
“Tidak ada yang murah,” ujar Fadli, salah seorang pengunjung asal Tangerang yang berkunjung ke salah satu pusat pengobatan China di Beijing.
Menurut Fadli, yang telah beberapa kali berkunjung ke pusat pengobatan China di Beijing bersama rombongan ini berpesan, anda harus benar-benar yakin bahwa obat herbal yang anda beli benar-benar memang diperlukan, karena banyak dari para pengunjung khususnya para wisatawan yang datang membeli obat herbal tersebut bukan karena keperluan atau kebutuhan, tetapi karena rayuan pramuniaga yang menawarkan dengan gesitnya.
Bahkan, lanjutnya, kini semakin banyak pramuniaga di pusat-pusat pengobatan tradisional China di Beijing yang piawai berbahasa Indonesia untuk menawarkan beragam aneka obat herbal dan ramuan-ramuan khas China tersebut kepada pengunjungnya, para wisatawan.
Begitulah jika pengobatan alternatif dan tradisional China telah menjadi bagian dari industri pariwisata. Sebuah kepiawaian melihat potensi besar sebagai penarik devisa. Semakin banyak yang datang semakin banyak devisa yang dibelanjakan para wisatawan di negeri Panda ini. 

 

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari