Tanggal Hari Ini : 22 Sep 2017 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
Sepeda Kayu Didi
Selasa, 06 Juni 2017 04:30 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

Demam bersepeda mulai menggeliat lagi. Makin banyak anak-anak muda yang melirik sepeda sebagai sarana berolah raga. Beragam jenis sepeda sport laris manis di pasaran. Menariknya, bersepeda kini telah menjadi style dan gaya hidup anak-anak muda.
Lazimnya rangka sepeda terbuat dari rangka besi atau logam kuat lainnya. Adalah Didi Diarsa Adiana (43), innovator bisnis dari Tapos, Depok, Jawa Barat ini yang mencoba membuat sepeda dari rangka kayu. Kayu yang dibuat bukan kayu biasa tetapi dari bahan kayu kayu pohon karet yang telah tua,
Didi mencoba mencari solusi terhadap dua hal sekaligus, pertama ingin memanfaatkan nilai ekonomis kayu dari pohon karet yang telah berusia lebih dari 15 tahun. Seperi diketahui, pohon karet yang sudah tua, dan berumur lebih dari 15 tahun sulit untuk disadap karena tidak mengeluarkan getah karet lagi. Masalah yang kedua adalah masalah transportasi masyarakat perkotaan, khususnya yang berada di Jabodetabek. Kemacetan terjadi dimana-mana, dan harus ada alternative solusi yang menguntungkan. Sepeda dianggap sebagai sebuah solusi transportasi, khususnya transportasi jangka pendek.
Bagaimana kayu karet dapat disulap menjadi rangka sepeda. Begini caranya. Pertama, kayu-kayu karet dibuat lembaran-lembaran kayu yang dibungkus dengan triplek, dan dibentuk sesuai dengan rangka yang diinginkan. Setelah itu dilakukan pemvernisan sehingga terlihat lebih alami dan tahan dari goresan. Rangka kayu sepeda dirancang dapat menahan beban hingga 100 kg, anti rayab dan tidak mudah patah.

Sepeda Kayu Didi, Didi Diarsa Adiana (43), innovator bisnis dari Tapos, Depok, Jawa Barat

Meski sepeda kayunya masih belum diproduksi secara masal, tetapi Didi telah membangkitkan lagi kegairahan masyarakat untuk naik sepeda. Menurutnya, masyarakt modern yang tinggal di kota-kota maju justru gemar menggendari sepeda untuk bertransportasi, selain menyehatkan juga bebas dari polusi.
Saat ini Didi telah menerima banyak pesanan untuk melayani masyarakat yang tertarik dengan sepeda kayunya. Harga sepeda kayu yang ditawarkan saat ini dari mulai Rp 5 juta untuk sepeda standar tanpa tenaga listrik dan Rp 11 juta jika menggunakan listrik. Konsumen dapat mengisi ulang listrik selama 3-4 jam. Sepeda kayuh mampu dikayuh dengan jarak tempuh 40 kilometer. Ide bsnis yang menarik bukan.
Saat ini Didi terus mensosialisasikan kepada anak-anak muda untuk menciptakan gagasan dan ide kreatif yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Setiap ide dan gagasan yang melahirkan produk-produk dan jasa yang bermanfaat bagi masyarakat pasti akan melahirkan bisnis di dalamnya.
Jika Didi mampu memanfaatkan kayu karet yang sering menjadi limbah atau sekedar digunakan menjadi kayu bakar oleh masyarakat, kini setelah tercipta rangka kayu untuk sepeda, nilai ekonomis kayu karet tentu kiat meningkat.

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari