Tanggal Hari Ini : 22 Oct 2018 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
Bisnis Sosis Bakar, Gampang Kelolanya, Besar Pasarnya
Jumat, 09 Maret 2018 04:50 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

Tidak seperti bisnis besar yang membutuhkan persiapan teknis yang matang, dan modal yang banyak, usaha sosis bakar dapat dimulai dengan modal kecil dan relative mudah cara menjalankannya. Terlebih jika anda memiliki lokasi berjualan yang strategis. Beragam sosis bakar yang anda tawarkan pasti menjadi daya tarik yang menggiurkan bagi pelanggan.

Uniknya bisnis ini tidak terlalu membutuhkan tempat yang terlalu luas untuk berjualan. Bisa dilakukan di pinggir jalan kawasan kaki lima, di foodcourt, atau digarasi rumah jika usaha ini jadi usaha sambilan pada sore atau malam hari.

Bisnis Simple
Sosis merupakan makanan olahan dengan isi daging baik itu daging ayam maupun sapi yang dibuat bulat memanjang. Sosis bisa digunakan sebagai pelengkap lauk pauk, bisa juga untuk jajanan sehat. Menariknya, jika sosis bisa dikreasikan dengan bisnis lain seperti tahu bakso dan beragam ide lainnya. Yang terpenting tentang cara penyajiannya haruslah menarik.

Saat ini bisnis sosis bakar bisa memberikan omzet yang besar, meski dengan peralatan yang sangat sederhana. Telebih jika gerai, jenis produknya unik hingga para penyajinya berseragam sehingga terlihat lebih menarik.

Usaha semacam ini sudah banyak diwaralabakan di berbagai kota. Peminat bisnis ini juga semkain banyak karena memberikan keuntungan yang cukup menggiurkan.

Bisnis Sosis Bakar, Gampang Kelolanya, Besar Pasarnya

Kisah M Aries Zara (27), mantan seorang Satpam di perusahaan BUMN ini kisahnya dinukil di sebuah media online ini mengungkapkan pengalamannya berbisnis sosis bakar. Berbeda dengan membuka usaha sebelumnya yang harus menyewa tempat untuk kegiatan usaha, usaha sosis bakar lebih mudah cara memulainya, karena bisa berjualan dengan membuka tenda pinggir jalan, atau dihalaman tanah lapang dengan memasang tenda. Tak perlu pusing soal biaya sewa. Beragam jenis produk ditawarkan mulai dari aneka sosis bakar segala ukuran, ada sosis bakar ayam dan sapi, aneka bakso bakar, cumi- cumi, kepiting, tuna, bahkan sampai otak- otak. Semuanya ditusuk seperti sate. Harganya dibandrol Rp.5.000 ukuran sedang dan kecil Rp.10.000-12.000. Aneka bakso dibandrol lebih murah yakni cuma Rp.2.000 pertusuk.

Cara Memulai Bisnis
Cara memulai bisnis berjualan sosis bakar relative mudah, tetapi agar anda segera mendapatkan pelanggan yang banyak soal tempat usaha harus diperhatikan sejak awal, misalnya di tempat yang relative banyak pengunjungnya, misalnya didekat minimarket, sekolah atau tempat keramaian lainnya. Buat tenda yang menarik, lengkapi peralatan yang dengan higienis. Waktu berjualan sebaiknya sore pukul 4 sore hingga 11 malam.

Secara detil berikut saran para pakar yang harus dilakukan agar bisnis bisnis sosis bakar anda laris manis dipesan pelanggan. Pertama, both /gerobak harus menarik. Tampilan both atau gerobak yang menarik tentunya akan mengundang perhatian banyak orang dan membuat mereka ingin mencoba sosis bakar yang anda jual. Dengan cara ini anda akan mendapatkan konsumen baru secara kontinyu. Taruhlah setiap hari anda hanya mendapatkan 4 konsumen baru maka dalam satu bulan paling tidak anda sudah memiliki 120 pelanggan, tugas anda selanjutnya adalah mempertahankan pelanggan tersebut.

Kedua, Ciptakan produk yang tidak pasaran. Maksudnya adalah buat sosis bakar anda beda dengan yang lain sehingga mempunyai ciri khusus dan kelebihan yang tidak dimiliki penjual sosis bakar lainnya. Cara ini membuat konsumen anda semakin loyal karena sosis bakar yang mereka inginkan hanya anda yang jual. Misalkan rata-rata penjual sosis bakar menjual sosis dengan ukuran kecil dan sedang dengan panjang antar 10-15 cm, anda coba jual sosis jumbo dengan ukuran panjang 20 cm.

Ketiga, naikkan gengsi usaha anda. Ini cara yang paling penting supaya usaha sosis bakar anda memberikan keuntungan atau laba yang lebih besar dari biasanya yaitu naikkan gengsi usaha anda. Naikkan gengsi? Yup, anda harus naik kelas dan membidik segmen pasar tertentu khususnya ekonomi menengah keatas, mereka tidak segan membeli dengan harga mahal asalkan kualitas tetap terjaga dengan baik.

Anda bisa mulai dari kemasan sosis yang dibuat lebih eksklusif, tempat jualan yang lebih bergengsi seperti di mall, fasilitas atau layanan khusus seperti delivery order ataupun cara lain untuk menaikkan gengsi seperti memiliki website dan brand sendiri. Dengan cara ini anda bisa menjual produk yang sama tetapi dengan harga yang lebih mahal, disitulah keuntungan anda. Apakah cara ini bisa berhasil? Yup, kalau kurang yakin coba cek berapa harga satu porsi nasi goring di PKL dan coba bandingkan dengan harga nasi goreng yang dijual di mall, bisa dua kali lipat kan?

Keempat, jalankan konsep “faktor kali”. Misalkan anda membuka bisnis sosis bakar kecil-kecilan di satu tempat dengan both / gerobak sederhana dimana keuntungan bersihnya maksimal hanya Rp3juta. Padahal anda sudah kerja mati-matian dari pagi sampai malam hari nungguin gerobak, tentu kurang sebanding dengan tenaga yang anda keluarkan. Kalau anda mempekerjakan pegawai paling tidak gajinya Rp1,5juta, jadi keuntungan bersihnya tinggal Rp 1,5juta. Dari sini kelihatanya keuntungan kecil, tapi coba anda hitung lagi jika anda memiliki 5 atau bahkan 10 tempat untuk jualan sosis bakar, maka keuntungan anda bisa mencapai Rp7,5 juta hingga Rp15juta rupiah perbulan dimana anda hanya bertugas mengawasi dan memastikan bisnis sosis bakar anda berjalan dengan baik tanpa harus menunggu both dari pagi sampai malam.

Beberapa tips diatas bisa sangat berhasil jika dijalankan dengan penuh kesungguhan, yang pasti anda tidak akan tahu sebelum anda mencoba. Bisnis sosis bakar cukup menjanjikan selama dijalankan dengan baik. So jangat takut mencoba.

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari